Kamis, 22 Maret 2012

Cara Bersosialisasi Dengan Baik

hallo sob..ane mau bagi-bagi pengalaman nih sama kalian semua yang penasaran bagaimana cara mendekati seseorang atau kenalan yang baru kita kenal,tentunya bersosialisasi itu sangat di perlukan dalam segala aspek kehidupan karena manusia adalah mahluk sosial jadi mau gak mau kita harus bersosialisasi dengan orang lain demi melanjutkan kehidupan kita.bagi para pria/wanita yang sudah terjun kedunia kerja tentu hal ini harus sangat di perhatikan,takutnya nanti kalau salah-salah ngomong klien ataupun bos kita bisa tersinggung deh atas apa yang telah kita ucapkan,lebih buruk lagi kalau nanti bisa kena SP terus di pecat deh "amit-amit cabang olahraga jangan sampe deh" ini sih sekedar pengalaman pribadi aja.oh iya sebelumnya terimakasih banyak yah yang sudah berkunjung di blog saya yang cupu ini hehe.oke deh langsung aja deh kita liat trik-trik nya.

1.Jangan ragu untuk tebar senyum
   seperti kata orang-orang bahwa senyum itu adalah ibadah,jadi janganlah malu untuk tersenyum kepada siapa saja yang kita temui baik itu orang yang di kenal maupun yang tidak di kenal.dengan begitu orang-orang akan berpikir bahwa kita adalah orang yang ramah dan tidak sombong dan mudah-mudahan orang tersebut nantinya tidak akan segan-segan untuk mengawali sebuah percakapan.tapi jangan terlalu kebanyakan senyum juga ya nanti disangka ga waras lagi,kan repot kalo nanti niat kita pada awalnya hanya ingin tersenyum untuk menyenangkan seseorang yang kita temui eh tau-tau nya malah diseret ke RS.JIWA.

2.Pahamilah lawan bicara anda
    hal ini sangat perlu diketahui dan dipahami apabila kita sedang berbicara dengan lawan bicara anda,pahamilah keadaan ataupun suasana hati yang dialaminya karena apabila lawan bicara kita sedang bad mood kemungkinan besar nantinya dia malah akan merasa tidak nyaman atau dongkol bahkan marah,jadi sebaiknya apabila lawan bicara kita sedang bad mood alangkah baiknya apabila kita coba berkomunikasi dengan beliau dengan sopaan dan lemah lembut dan cobalah untuk menawarkan bantuan untuk masalah yang sedang beliau hadapi apabila beliau sedang mempunyai masalah.

3.Belajar beradaptasi disegala kondisi
   beradaptasi didalam lingkungan yang baru kita kenal sangat mempengaruhi hubungan sosial antara manusia ataupun mahluk hidup lainnya,sebagai contoh apabila kita berada dilingkungan  yang ramah tamah maka jadilah seseorang yang ramah dan sopan,dan apabila kita sedang berada dilingkungan dengan orang-orang yang eksklusif ataupun mewah maka jadilah seseorang yang eksklusif,dan apabila kita berada dilingkungan orang-orang yang bengal maka jadilah orang yang bengal "ingat saya tidak menganjurkan anda untuk menjadi orang yang bengal loh,tidak baik itu" maka apabila kita belajar bagaimana cara beradaptasi pasti kita tidak akan susah untuk mendapatkan kawan.

4.Hati-hati dalam berkomentar
   terkadang kita sebagai manusia khilaf dalam melakukan segala hal tetapi apabila kita mempunyai keinginan untuk merubah sikap buruk kita niscaya sifat-sifat buruk yang ada pada diri kita akan lenyap entah kemana.dan untuk para kawan-kawan sekalian alam berhati-hatilah dalam berbicara,kita tidak mau kan apabila lawan bicara kita sakit hati atas apa yang telah kita ucapkan??so..berpikirlah terlebih dahulu sebelum kita ingin menyampaikan isi hati dan pikiran kita kepada lawan bicara kita.

5.Perluas wawasan
   agar kominikasi dapat berjalan dengan lancar dan baik alangkah baiknya apabila kita memperluasan wawasan kita baik itu dari membaca buku ataupun belajar dari media hal ini bertujuan agar kita dapat belajar bagaimana cara berbicara dengan tidak salah arah dan kita dapat dengan mudah mengarahkan arah pembicaraan yang sedang kita bicarakan.karena dari rajinnya kita membaca dan belajar dari media dapat meningkatkan wawasan kita dalam hal berkomunikasi.

26 komentar:

  1. Makasih kk,, ini membantu saya :D

    BalasHapus
  2. sama-sama,thanks yah udah mau mampir di blog kk :)

    BalasHapus
  3. Thanks ya ajaran nya :DD Smoga sukses

    BalasHapus
  4. masama ^^ semoga sukses juga

    BalasHapus
  5. makasi banyak infonya, membantu bgt....
    sukses untuk blognya :D

    BalasHapus
  6. terima kasih atas informasinya,,,
    jadi PR saya bisa selesai,,aseekkk

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. kuliah di gunadarma..knp??mau nagih utang yak :D :D

      Hapus
  8. Gomawo kakak :)Artikel nya bagus :D Lumayan buat Ngerjain PR IPS saya yg menumpuk :D :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih nadia :) semoga PR nya dapat nilai 100 ya :)

      Hapus
  9. sangat bermanfaat soale saya baru tinggal ri rumah baru jadi sangat perlu yang namanya belajar bersosialisasi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah kl bermanfaat :) mas coba aja cara2 yg di atas insya allah para tetangga akan seneng sama si mas :D

      Hapus
  10. Terimakasih kakak. Masukannya mudah di mengerti

    BalasHapus
  11. Terima kasih banyak. Jujur saya org nya susah beradaptasi. Kadang kalo sama orang nih suka bingung mau ngomong apa, sampe adek saya bilang saya cara ngobrol nya kaku.
    Ya jujur saya bukan tipe org yang kluyuran lebih dominan di rumah.
    Kira kira apa solusinya ya bro ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kunci utama nya kl menurut penganalisaan saya . mas bro harus tenang pd saat bicara dng tmn ataupun kenalan. pasti mas bro juga suka merasa gugup kan kl bicara dgn orang yg baru dikenal???

      kl emang iya coba mas bro coba belajar tenang dahulu pd saat ketemu tmn atau kenalan mas bro :)

      Hapus
  12. saya kepengen banget punya jiwa sosialisasi,..jujur saat ini saya masih terpenjara dengan sikapku yang pemalu dan tidak penting ini terhadap orang2..akhirnya orang orang menganggapku orang yang doyan bertapa...aduh malu banget deh.. astagfirullahaldziim

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha memang kl orang yg mempunyai sifat pemalu agak sedikit susah di hilangkan . kl mas bro mau hubungan mas bro dgn teman dpt lebih dekat mas bro harus coba paksakan diri mas bro untuk bisa keluar dari penjara tersebut..

      kl mas bro mempunyai sifat pemalu coba paksakan diri mas bro untuk lebih sering melakukan hal-hal gila bareng tmn tongkrongan..tp hal-hal gila yang positif ya mas jgn yang negatif :D

      Hapus