Minggu, 21 Oktober 2012

Mengubah Background Dan Font dengan Visual Basic


Selamat siang semuanya, kali ini untuk materi selanjutnya adalah membuat sebuah program dengan menggunakan Visual basic, kali ini saya akan memberikan satu contoh program sederhana yang dapat mengubah background, font style serta font color. berikut saya tampilkan hasil output dari contoh program yang saya buat.


contoh diatas adalah output yang sudah di eksekusi, sangat sederhana bukan??( maaf sedikit ada coret-coretan D: ) nah berikutnya saya akan mulai mengajarkan pada kalian langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat program seperti di atas.

  • untuk proses yang ke 1 seperti yang dapat kalian lihat saya memberikan beberapa urutan angka dari 1 s/d 4 , untuk langkah yg pertama buatlah sebuah textbox (ukuran dapat di sesuaikan dengan selera masing-masing).
  • untuk proses yg ke-2 adalah mengubah warna background menjadi dengan warna yg kita inginkan. buatlah sebuah frame terlebih dahulu untuk menempatkan beberapa optionButton. buatlah 2 buah Optionbutton di dalam frame tersebut. untuk pemberian sebuah judul yang tertera seperti gambar di atas kalian tinggal membuka properties dari setiap objek yg ada, kemudian akan tampil di sebelah kanan layar sebuah list properties , pilihlah bagian caption lalu ubahlah dengan nama yang anda inginkan.apabila sudah anda selesaikan pilihlah salah satu optionButton yang anda inginkan. pada contoh di atas saya memilih warna biru sehingga background yg ada pada form berubah menjadi warna biru, berikut adalah coding yang di butuhkan untuk mengubah warna background tersebut menjadi warna biru :
                       Form1.BackColor = vbBlue
                     
                      kata vbBlue tersebut adalah sebuah key untuk mengubah warna dari background tersebut, apabila anda menggantinya dengan nama vbYellow,green atau red maka secara otomatis background anda akan berubah sesuai dengan coding yang anda masukan tadi.

    •   untuk proses yang ke 3 sama halnya dengan proses yang ke 2 anda hanya perlu merubah isi dari objek yang ingin anda isi dengan coding tertentu. untuk merubah warna text yang ada pada textbox pada nomer 1 tersebut anda hanya perlu memberikan intruksi coding berikut ini.

                          Text1.ForeColor = vbGreen

    seperti yang anda lihat diatas text yg berisi "nama saya david" berubah menjadi warna biru apabila anda memilih green dan itu akan berubah menjadi warna kuning apabila anda mengganti vbgreen  menjadi vbyellow.

    •  untuk proses yang ke 4 memang sedikit lebih sulit di bandingkan dengan proses yang sebelumnya, terutama untuk pengkodingan nya itu sendiri. pada contoh di atas saya tidak menggunakan optionButton melainkan menggunakan checkBox . sama halnya dengan proses yang kedua dan ketiga anda hanya perlu menambahkan sebuah frame untuk meletakan checkBox di dalamnya dan perbedaan nya hanya terletak pada coding yang akan menghasilkan output seperti gambar di atas. pada textbox diatas tampilan huruf berubah menjadi italic/miring serta memiliki underline di bawanya. berikut adalah coding untuk membentuk tulisan yang ada pada textbox menjadi miring/italic dan memiliki underline :
    Italic :
    Else
    If Check2.Value = 0 Then
    Text1.FontItalic = False
    End If
    End If


    underline :
    If Check2.Value = 1 Then
    Text1.FontUnderline = True
    Else
    If Check1.Value = 0 Then
    Text1.FontUnderline = False
    End If
    End If
    If Check1.Value = 1 Then
    Text1.FontItalic = True

    sekian penjelasan dari saya , selamat mencoba dan semoga bermanfaat ^_^











    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar