Jumat, 30 Maret 2012

RESUME of kelompok 1 & kelompok 2

RESUME kelompok 1- perilaku konsumen  (29-03-2012)


1.PERILAKU KONSUMEN
 Di mulai dari pemahaman serta segala aspek yang menyangkut tentang perilaku konsumen.perilaku konsumen adalah tingkah laku atau proses dari konsumen yang di tujukan dengan pencarian dalam membeli, pemilihan, memperbaiki, menggunakan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi  atau memuaskan kebutuhan dan keinginannya.
 konsumen dapat tertarik pada suatu produk barang ataupun jasa dapat di dasari dari kebutuhan, pengaruh lingkungan, dan strategi pemasaran(marketing strategy) itu sendiri.di lihat dari segi kebutuhan, konsumen dapat tertarik pada suatu produk barang/jasa karena konsumen tersebut memang butuh produk barang/jasa tersebut.dan kemudian pengaruh lingkunga, konsumen tertarik untuk membeli produk baik itu barang ataupun jasa karena pengaruh lingkungan sekitarnya, sebagai contoh apabila di lingkungan tempat dia berada banyak orang yang sedang menggunakan HP model terbaru otomatis si konsumen tersebut kemungkinan akan tertarik pula untuk memilikinya.dan di lihat dari strategi pemasaran(marketing strategy), pemasaran dalam hal ini dapat kita lihat sendiri dari iklan-iklan di TV ataupun promosi-promosi dan dapat kita lihat seperti para sales yang sedang menawarkan barang dan jasanya kepada konsumennya sehingga konsumen tersebut dapat tertarik terhadap apa yang di tawarkan, dan strategi inipun juga dapat dikatakan sebagai pengaruh terbesar untuk menarik minat para pembeli/konsumen untuk tertarik membeli barang/jasa yang di tawarkan.

RESUME kelompok 2-penentuan harga penawaran dan permintaan.

2.PENENTUAN HARGA,PENAWARAN DAN PERMINTAAN
Di dalam kehidupan ini kita selalu di kelilingi oleh suatu kebutuhan ingin kita penuhi guna untuk memuaskan kepuasan batin.seperti yang kita ketahui banyak dari kebutuhan yang kita ingin penuhi itu tidaklah gratis alias bayar,dan pasti nya kebutuhan.terdapat dua sisi yang dapat kita tinjau yaitu penjual kebutuhan dan orang yang membutuhkan.penjual kebutuhan lebih mengarahkan pemahaman nya kepadaPENENTUAN HARGA dan PENAWARAN, sedangkan orang yang membutuhkan lebih mengarah ke PERMINTAAN.
dalam hal penentuan harga sangatlah penting karena tujuan dari penentuan harga iyalah :
1.mendapatkan keuntungan
2.mempertahankan perusahaan
3.merai ROI(return on invesment)
4.menguasai pangsa pasar
5.mempertahankan status quo
dan pendekatan harga serta penawaran sangatlah penting karena hal-hal ini sangatlah menentukan kelangsungan kehidupan prusahaan dagang/jasa yang sedang kita kelola.

permintaan, permintaan konsumen terhadap apa yang dibutuhkan sangatlah penting apabila tidak terpenuhi maka ketidakpuasanlah yang akan timbul.ada beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan akan barang/jasa yaitu :
1.harga barang itu sendiri
2.harga barang-barang lain yang bersifat subtitutif terhadap barang tersebut
3.pendapatan masyarakat
4.selera
5.jumlah penduduk.
biasanya makin tinggi harga suatu barang maka semakin sedikit jumlah barang yang di minta dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang maka semakin banyak barang yang diminta dan itu sudah terbukti adanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar